Salonial

Beauty & Health

Tak dapat dipungkiri jika setiap wanita selalu menginginkan tampil cantik dengan wajah glowing, halus dan mulus.

Namun sayangnya, kondisi kulit yang didambakan terasa sulit untuk diperoleh karena misalkan tidak terjangkaunya biaya perawatan di salon atau klinik kecantikan.

Ditambah oleh faktor radikal bebas serta gaya hidup yang tidak sehat sehingga memperburuk kondisi kulit.

Tak sedikit yang mengeluhkan soal flek hitam, jerawat, kulit tidak merata, wajah kusam, kering, kasar dan lain sebagainya.

Jika demikian tidak ada salah nya untuk mencoba berbagai macam bahan alami yang tersedia dirumah untuk memperbaiki kondisi kulit.

Hanya sedikit membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan kulit cantik dengan bahan alami.

Mungkin bisa dikonsultasikan ke dokter sebelum mencoba mempraktekkan tips cantik dengan bahan alami bagi yang memiliki kulit super sensitive atau memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

 Berikut adalah tips cantik dengan bahan alami yang dapat dicoba dirumah.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal dengan berbagai macam khasiat dan kegunaannya. Salah satunya adalah untuk membersihkan wajah.

Penggunaan minyak zaitun sangat baik untuk membersihkan wajah karena dapat memberikan kelembapan alami pada kulit.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin serta antioksidan. Dimana tekstur minyak zaitun yang lembut dapat membantu membersihkan sisa make up diwajah.

Cara penggunaanya pun cukup mudah yakni dengan mengusapkan minyak zaitun ke wajah sembari memijat kulit wajah secara perlahan.

Lalu, setelah dirasa cukup memijatnya, dapat langsung dibilas dengan handuk lembut yang hangat guna mengangkat sisa make up dengan sempurna.

2. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang murah serta mudah dikenali. Namun siapa sangka kandungan curcuminnya bersifat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

Dimana kandungan tersebut dapat menghalau efek buruk radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu meningkatkan produksi kolagen.

Sehingga akan membuat kulit menjadi cerah atau glowing. Cara menggunakan kunyit sebagai masker wajah adalah dengan mencampurkan bubuk atau parutan kunyit dengan tepung terigu.

Lalu, tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, langsung saja oleskan secara merata keseluruh wajah dan tunggu hingga kering.

Atau diamkan selama sekitar 15 menit saja. Lalu, segera bilas hingga bersih. Gunakan masker kunyit ini 1-2 kali dalam seminggu.

3. Pisang Dan Timun

Kedua bahan alami ini dapat digunakan untuk yang memiliki jenis kulit berminyak dan kering. Kulit berminyak adalah ketika pori-porinya memproduksi terlalu banyak sebum.

Sebum atau minyak alami kulit yang berlebih ini dapat menyumbat pori-pori kulit. Dimana akan memicu munculnya jerawat serta kulit meradang.

Untuk mengatasi atau mengurangi produksi minyak yang berlebih dapat digunakan masker pisang. Sehingga kulit dapat terlihat cantik alami.

Kemudian apabila memiliki kulit kering, dapat di coba masker mentimun. Masker ini dapat membantu mengurangi kulit kusam serta memberikan kelembapan dikulit.

4. Lemon Dan Gula

Lemon mengandung vitamin c yang bagus untuk tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin c yang ada pada lemon dapat membantu untuk mencerahkan kulit.

Perasan lemon yang ditambahkan gula sehingga membentuk tekstur scrub, dapat membantu mengeksfoliasi kulit atau menghilangkan sel-sel kulit mati.

Air perasan lemon yang dicampur gula tersebut dapat langsung diaplikasikan ke kulit. Cukup dioleskan pada kulit wajah lalu di gosok dengan gerakan memutar yang lembut.

Diamkan selama sepuluh menit dan lakukan ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Namun perlu diketahui, campuran ini dapat menyebabkan kulit iritasi bagi kulit sensitif.

5. Cuka Apel Dan Teh Hijau

Cuka apel yang diketahui ada dimeja abang tukang bakso, ternyata dapat dijadikan sebagai toner. Dimana toner ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri.

Ini dikarenakan cuka apel mengandung asam laktat, asam organic dan asam suksinat. Selain itu, harga cuka apel juga sangat terjangkau.

Alternatif selanjutnya adalah te hijau. The hijau juga dapat dijadikan pilihan sebagai toner. Seperti yang kita ketahui the hijau mengandung anti oksidan yang bagus untuk kulit.

Toner teh hijau ini dapat menyehatkan kulit serta membantu mengurangi jerawat. Hal ini dikarenakan the hijau mengandun tannin dan enyawa flavonoid yang berperan aktif dalam melawan bakteri dan meredakan bengkak akibat jerawat.

 

Baca juga: 

 

 

 

 

 

4 Responses