Salonial

Beauty & Health

8 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Wajah cerah alami merupakan dambaan bagi setiap orang. Tak hanya si pemilik wajah yang senang dengan kulitnya, namun orang yang melihatnya pun juga akan senang. Untuk mendapatkan kulit cantik dan cerah alami tak harus menghabiskan biaya banyak dengan pergi ke dokter terkenal di kota Kamu. Namun, cukup lakukan langkah langkah sederhana yang dikerjakan setiap hari. Dimana hal ini tak hanya akan membuat Kamu cantik namun juga membuat kantong terjaga dengan cantik pula. Nah, menarik bukan dapat menjaga kesehatan tubuh serta menyehatkan kantong. Berikut adalah Langkah atau caranya:

1. Rutin Membersihkan Wajah

cara mencerahkan kulit wajah

Wajah yang terjaga kebersihan serta kesehatannya tentunya akan memancarkan aura kecantikan alami. Selain itu juga akan membuat wajah tampak cerah.

Pastikan untuk rutin membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi dan malam hari sebelum berangkat tidur.

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam memberikan perawatan pada kulit wajah guna membersihkan kotoran atau debu yang menempel dikulit.

Dalam hal ini, gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Misalkan, facial wash yang mengandung pelembap untuk Kamu yang memiliki jenis kulit kering, dst.

Kemudian saat membersihkan wajah tidak dianjurkan menggunakan air panas, namun air hangat saja atau suam-suam kuku.

Lakukan gerakan memutar secara halus dan lembut dan kemudian bilas secara menyeluruh hingga terasa bersih.

Kemudian saat mengeringkan, pilihlah handuk yang berbahan dasar lembut serta cukup tepuk-tepuk saja. Hindari mengusapkan atau menggosok handuk secara kasar ke wajah.

cara mencerahkan kulit wajah

2. Gunakan Toner Wajah

Usai membersihkan wajah dengan benar, kemudian dapat digunakan toner wajah. Toner berfungsi untuk menjaga kesehatan, kelembapan serta menutrisi kulit.

Ini merupakan teknik double cleansing yang berguna untuk menghilangkan sisa kotoran atau sisa make up yang masih menempel atau terlewatkan saat mencuci muka.

Toner yang bagus akan memberikan manfaat yang bagus untuk kulilt seperti mengatasi kulit kusam, kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari serta menghilangkan jerawat.

Sebagi hasilnya kulit akan tampak lebih bersih, cerah, sehat dan lembut. Maka dari itu pilihlah toner yang memiliki kualitas bagus dan sesuai dengan jenis kulit.

cara mencerahkan kulit wajah

3. Gunakan Pelembab Wajah

Wajah yang telah dibersihkan secara sempurna dapat langsung dioleskan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap terjaga kelembapannya. Jadi jangan terlewatkan langkah ini.

Terlebih banyak pelembab yang mengandung niacinamide, anti-oksidan, gliserol dan silitol yang berfungsi mencerahkan wajah.

Sehingga wajah tak hanya terjaga kelembapannya, namun terjaga kelembutannya dan wajah pun menjadi cerah alami.

Dalam hal ini akan lebih maksimal manfaatnya untuk mengoleskan pelembab langsung saat kulit masih segar sehabis mandi atau mencuci muka.

4. Gunakan Tabir Sury

Sunscreen atau tabir surya sangat penting dalam rangkaian perawatan kulit. Tabir surya merupakan langkah untuk mencerahkan kulit yang wajib dilakukan setiap hari.

Penggunaan tabir surya minimalnya adalah dengan SPF 30, yang mampu mencegah kerusakan akibat sinar UV, mencegah kanker kulit serta melawan proses penuan dini pada kulit.

Rutinlah menggunakan tabir surya setidaknya 20/30 menit sebelum keluar ruangan. Setelah itu, sunscreen juga dapat dioleskan setiap 2 jam atau sesaat setelah kulit berkeringat atau terkena air.

5. Gunakan Masker Alami.

Banyak pilihan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, minyak zaitun, mentimun, kopi dan lain sebagainya.

bisa juga baca disini : …..

Pilihlah bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Kamu. Kemudian gunakan masker secara rutin atau teratur.

Perawatan dengan masker alami untuk wajah dapat membantu untuk mencerahkan wajah secara alami. Hal ini dikarenakan setiap bahan alami mengandung nutrisi yang bagus untuk kulit.

Vitamin, anti-oksidan, mineral yang terkandung dalam bahan-bahan alami tersebut juga akan membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta memperbaiki jaringan kulit wajah yang rusak.

Namun, bagi yang memiliki kulit sensitif harus lebih berhati-hati atau berjaga-jaga terhadap bahan alami yang hendak digunakan untuk menghindari alergi.

Untuk mengetes bahan alami yang hendak digunakan untuk masker wajah, dapat dioleskan terlebih dahulu ke kulit tangan. Kemudian tunggu selama 24 jam untuk melihat reaksi apa yang akan terjadi.

Apabila muncul bentol-bentol, gatal serta kemerahan, sebaiknya gunakan bahan alami lainnya sebagai masker.

6. Minum air putih yang cukup

Untuk mencerahkan kulit wajah diperlukan perawatan dari dalam dan luar. Seperti yang telah disebutkan diatas, perlu ditambahkan minum air putih yang cukup.

Minumlah air putih sesuai kebutuhan, jangan sampai kurang atau berlebih dalam minum air putih. Pada umumnya orang dewasa memerlukan 8 gelas perhari atau sekitar 2 lt perhari.

Ketika kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi, maka sel kulit akan dapat bekerja secara sempurna. Kemudian aliran atau peredaran darah pun akan menjadi lancar.

Oleh karena itu, tubuh dan kulit wajah yang tercukupi kebutuhan airnya akan tampak jauh lebih sehat, cantik dan cerah.

7. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makan makanan yang sehat serta bergizi juga menjadi faktor yang sangat penting untuk membantu mencerahkan kulit dari dalam.

Seperti yang kita ketahui bahan makanan yang sehat adalah seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian serta makanan yang mengandung tinggi protein.

Bahan makanan tersebut sangat mudah untuk ditemukan ditempat tinggal sekitar. Jadi sepertinya tidak ada alasan untuk tidak bisa mengkonsumsi bahan makanan tersebut.

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari berlebihan dalam mengkonsumsi agar terhindar dari obesitas.

8. Kendalikan stres

Stress yang tidak dapat dikendalikan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Pasalnya stress yang berlebih dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Kemudian stress juga dapat memicu timbulnya permasalahan pada kulit seperti kulit berjerawat, kulit kusam, rosacea, psoriasis dan eksim.

Perlu diketahui terdapat banyak untuk mengendalikan stress seperti melakukan hobi yang digemari, istirahat atau tidur yang cukup serta rutin berolah raga.

Demikianlah cara untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

 

Baca juga: