Salonial

Beauty Artist Story

Penata Rambut Terkenal di Indonesia , Peter F. Saerang

Peter Fritz Saerang terkenal sebagai penata rias rambut dan wajah professional Indonesia. Jaringan bisnis salon rambut dan kecantikannya pun telah tersebar di Indonesia.

Dengan kepopulerannya sebagai penata rambut, Ia mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan tata rambut dan wajah yang menggunakan Namanya sendiri, Peter. F. Saerang Academy.

Selain itu, Peter F Saerang juga dikenal sebagai pendiri sebuah Yayasan Bernama Yayasan Cipte Lestari. Sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang sosial.

Awal Mula Kehidupan Peter F. Saerang

Peter Fritz Saerang adalah pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 30 Januari 1950. Kini, Ia berusia 72 tahun.

Saat kecil, Ia bercita-cita inign menjadi seorang dokter. Namun itu berubah ketika Ia mulai beranjak remaja, Ia mulai tertarik untuk terjun dalam bidang tata rias dan rambut.

Sebagai percobaan awal serta mengetes kemampuannya, Ia mulai menyanggul serta menggunting rambut saudara dan teman-teman terdekatnnya.

Dari percobaan tersebut, Ia pun mendapatkan respon yang bagus dari orang-orang disekitarnya. Dan mulai berfikir untuk mengasah bakatnya.

Yang mana sebelumnya, Ia sempat berkuliah di Fakultas Kedokteran Sam Ratulangi, Manado, namun akhirnya ia memutuskan berhenti dan pindah ke Jakarta untuk mendalami ilmu tata rias dan wajah.

Sekolah yang dipilihnya adalah sekolah penata rambut terkenal Salon Rudi Hadisuwarno. Di sekolah tersebut ia belajar mengenai pendidikan dasar menata rambut.

Untuk mendalami ilmu selanjutnya ia memilih ke Eropa seperti Jingles Hairdressing Academy London, Alan International Hairdressing School London, Toni&Guy Academy London dan Alexandre de Paris dan Vidal Sassoon Academy London.

Perjalanan Karir Sang Penata Rambut Terkenal

Sepulangnya dari perjalanan pendidikannya di luar negeri, Ia mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Rudi Hadi Suwarno Salon sebagai Direktur Artistik.

Usai bekerja di Salon Rudi Hadisuwarno selama dua tahun, Peter berfikir untuk memulai usaha salon miliknya sendiri.

Ia pun mulai mengikuti berbagai perlombaan menata rambut yang membuat namanya berangsur melambung tinggi.

Dalam kompetisi Rambut Sunsilk yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1976, Ia meraih posisi Runner-up 1. Kemudian pada tahun 1979 dalam sebuah kompetisi Rambut se-Asia Pasik yang diselenggarakan di Hong Kong, Ia mampu meraih peringkat atau juara pertama.

Tak lama, dalam tiga tahun berikutnya, Ia pun meraih gelar sebagai Penata Rambut Terbaik di Indonesia.

Hingga pada tahun 1986, Ia mendapat mandat untuk menjadi salah satu juri di ajang bergengsi di Hair World Championship yang diselenggarakan di Verona, Italia.

House of Peter

House of Peter adalah salon yang didirikan oleh Peter F. Saerang. Ia pun berhasil mencetak sukses dengan penampilannya yang menarik perhatian.

House of Peter telah memperkerjakan sebanyak 20 pegawai pada tahun 1985. Dimana 10 orang diantaranya adalah pegawai atau ahli asing.

Sebagai penata rambut dan rias wajah yang telah meraih banyak prestasi, tentunya Ia pun menjadi terkenal dan pilihan para keluarga dan artis terkenal.

Beberapa public figure yang terkenal adalah seperti Dewi Soekarno, Nancy Kovack Zubin Mehta, keluarga kehormatan Brunei Darussalam, Julia Roberts, mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher dalam kunjungannya ke Indonesia dan lain sebagainya.

Kini terdapat 10 salon yang tersebar di Jakarta dengan kosmetik yang di beri merk “Peter F. Saerang” serta masih aktif di salon masternya yang terletak di Plaza Indonesia.

Kegiatan Sosial

Sejak tahun 1984, Peter F. Saerang telah mendirikan Yayasan yang Bernama Yayasan Cipta Lestari. Dimana Yayasan tersebut ia bentuk Bersama teman-teman seprofesinya.

Seperti Johnny Saleh, Anthony Unin dan Corry Kawilarang. Yayasan yang bergerak dalam bidang sosial itu telah menghimpun anggota sekitar 130 orang.

Tujuan di bentuknya Yayasan itu adalah untuk memberikan Pendidikan tentang tata rambut untuk anak-anak yang tidak mampu serta putus sekolah.

 

Baca juga: