Salonial

Beauty Artist Story

Penata Rambut Profesional Indonesia, Rudy Hadisuwarno

Siapakah penata rambut professional Indonesia yang terkenal? Ya, salah satu jawabannya adalah Rudi Hadi Suwarno.

Ia lahir di Pekalongan pada tanggal 21 Oktober 1949. Yang kini berusia 73 tahun, namun namanya masih tetap bersinar dalam dunia tata rambut.

Selain penata rambut professional, Rudi Hadisuwarno juga menjadi pemilik jaringan bisnis salon kecantikan dan rambut.

Sukses sebagai penata rambut professional dan pebisnis, Rudi Hadi Suwarno melebarkan sayap nya  menjadi pengajar tata kecantikan rambut dan wajah.

Jaringan Lembaga Pendidikan yang dikelolanya pun juga telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, dapat dengan mudah Kamu temukan tempat-tempat kursusnya.

Tak berhenti disitu, selain sebagai penata rambut profesional Indonesia yang terkenal, Rudi Hadisuwarno membuat rangkaian produk kosmetik untuk rambut.

Dan sebagai pelengkap dari dunia tata rambut, Ia juga berusaha untuk memberikan edukasi mengenai tata rambut dengan sebagai penulis buku.

 

Biografi Rudi Hadisuwarna
Awal Karir

Berkat keuletan dan kerja kerasnya dalam bidang tata rambut, Rudi Hadisuwarno berhasil membuat rangkaian prestasi dan penghargaan yang luar biasa.

Karirnya yang cemerlang sebagai penata rambut tidak terwujud begitu saja. Ini semuanya dimulai dari sebuah Pendidikan tata rambut yang berada di Jakarta.

Kemudian untuk lebih memperdalam kemampuannya dalam bidang tata rambut, Ia melanjutkan studinya di sekolah-sekolah
terkemuka seperti di Paris, London, San Fransisco dan Tokyo.

Memulai karier pertamanya sebagai penata rambut professional dengan membuka salon pertamanya di Jakarta pada tahun 1968.

Namanya sebagai penata rambut professional pun mulai mendapat perhatian dan pengakuan dari dunia. Dimana pada tahun 1977, Ia diangkat secara resmi sebagai anggota Intercoiffure Mondial.

Yakni sebuah perhimpunan para ahli penata rambut professional sedunia yang pusat kegiatannya berada di Paris.

Prestasi dan Penghargaan Rudi Hadi Suwarno

 

Karena kerja kerasnya dalam bidang tata rambut, Rudi Hadisuwarno berhasil membuat rangkaian prestasi dan penghargaan yang luar biasa.

Berikut adalah daftar prestasi serta penghargaan yang telah Ia capai:

  1. Anggota Intercoiffure Mondial, sebuah perhimpunan para ahli penata rambut dunia yang berpusat di Paris–Prancis (1977-sekarang)
  2. Mendapatkan penghargaan sebagai Pengembang Bidang Profesi dari Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef (1979)
  3. Menerima “Medaille de Chevalier de la Chevalerie Intercoiffure Mondial” sebuah penghargaan dan penghormatan, atas segala prestasinya dalam dunia tata rambut pada “Intercoiffure World Congress” dari ICD Mondial, di New York, Amerika Serikat (1980)
  4. President of Intercoiffure Mondial Indonesia (1981-sekarang)
  5.  Salah satu dari sembilan pendiri “Guillaume Foundation” yang antara lain memiliki dan mengelola museum tata rambut pertama dunia yang berlokasi di Paris. Di mana lembaga tersebut memiliki program untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberikan pelatihan di bidang tata rias rambut kepada anak-anak tidak mampu di seluruh dunia. Serta menyelenggarakan program untuk memberikan kesempatan bagi para hairdresser muda agar memiliki pengalaman internasional (1982)
  6. Penghargaan dari pemerintah melalui Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto (1984)
  7. Selanjutnya, penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia, Soeharto (1984)
  8. Vice chairman Persatuan Ahli Tata Kecantikan Kulit dan Rambut Indonesia, “Tiara Kusuma” (1992-sekarang)
 

Prestasi Selanjutnya:

  • 9. Menerima World Master of The Craft Award dari A&FG World Master Academy of Fashion Arts & Sciences di fashion institute technology theater di kota New York (1997)
  • 10. Nama Rudy Hadisuwarno tercatat dalam buku “Who’s who in The World” yang diterbitkan di Amerika sebagai salah satu dari sekian nama orang-orang terkemuka dan berhasil di bidangnya dalam skala internasional (1998-sekarang)
  • 11. Lalu, penghargaan “Personality of The Year” dari Intercoiffure Mondial Paris (2002)
  • 12. Meraih penghargaan the OFFICER Award of the Ordre de la Chevalerie pada kongress ICD di tokyo, ini merupakan penghargaan yang istimewa dari Intercoiffure Mondial(2004)
  • 13. Presiden OMC (Organisation Mondialle Coiffure) mewakili Indonesia (2005-2008)
  • 14. Dan penghargaan “Competency Award 2008” dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Moch. Yusuf Kalla (20

Karya

  1. Autobiografi Rudy Hadisuwarno, Rambut dan Bisnis Gaya Hidup yang mengisahkan perjalanan karier Sang Maestro (Desember 1997)
  2. Gaya Rambut Anak (2004)
  3. Cara Mencegah Kebotakan: Kiat Memiliki Rambut Bagus (2006)
  4. Book of Style sebagai buku koleksi tren tata rambut secara regular setiap tahunnya sejak 2002 hingga sekarang
 
 
Baca juga: