Salonial

Udah Waktunya Pesan Salon Hanya di Satu Aplikasi SALONIAL

Mitra Andalan Pengembangan Bisnis Salon Anda

Kenalan Dulu Dengan Kami...

Salonial adalah perusahaan teknologi yang menyediakan solusi bagi masyarakat untuk menemukan, menentukan serta memesan tempat terbaik dalam layanan perawatan rambut, wajah, kulit dan tubuh baik untuk wanita maupun pria melalui platform digital.
Salonial mendukung seluruh pengusaha di industri kecantikan ini baik kecil, menengah atau sedang maupun besar untuk meningkatkan market share dan mempertemukan dengan konsumen yang sesuai harapan.

Beauty & Health

13 Tips Ampuh Tampil Cantik Alami, Luar dan Dalam Tanpa Repot

Tips cantik alami luar dan dalam yang akan dibahas ini bisa diterapkan oleh siapapun dan segala umur. Karena memiliki kecantikan alami merupakan idaman setiap orang.

Kecantikan yang alami dapat diwujudkan dengan melakukan perawatan yang sederhana saja. Kemudian dengan selalu menjalankan pola hidup sehat setiap hari.

Perawatan sederhana yang dimaksud adalah dengan mencuci muka yang rutin, memakai pelembab yang sesuai serta istirahat yang cukup.

Jika Kamu cukup rajin meracik bahan alami sendiri dirumah, maka cara ini juga sangat akan membantu untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat alami.

Karena pada dasarnya kecantikan alami tidak memerlukan riasan make up yang super tebal di wajah. Melainkan cukup terlihat cantik meski tanpa polesan make up yang tebal.

Nah penasaran kan seperti apa perawatan yang perlu dilakukan setiap harinya, simak artikel ini sampai habis ya biar Kamu makin glowing.

Tips ampuh tambil cantik alami

1. Selalu minum air putih yang cukup

Seringkali kita mendengar anjuran untuk selalu minum air putih dengan jumlah yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan serta kecantikan.

Ya, minum air putih sangat perlu diperhatikan karena tubuh sangat membutuhkan cairan. Sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Dehidrasi dapat mengakibatkan kulit menjadi kering yang dapat bersisik ketika saat digaruk. Kemudian dehidrasi juga bahkan dapat menjadi penyebab munculnya jerawat serta gejala penuaan dini.

Jadi kini, mulailah untuk selalu minum air putih yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Pada umumnya, dianjurkan untuk selalu minum air sebanyak 2 liter setiap harinya atau setara dengan 8 gelas perhari.
tips ampuh tampil cantik

2. Hindari atau batasi minuman yang mengandung alkohol

Minuman beralkohol kini seakan sedang digemari masyarakat yang sejalan dengan masyarakat yang hobby nonton drama korea.

Apakah Kamu salah satunya yang menyukai minuman alkohol? Seberapa banyak? Kamu perlu menghitung berapa konsumsi hariannya, jangan sampai berlebihan mengkonsumsi alkohol.

Perlu diingat kebiasaan meminum alkohol dapat memicu membesarnya pembuluh darah yang mengakibatkan kemerahan pada kulit untuk sementara waktu.

Selanjutnya, alkohol yang dikonsumsi berlebihan juga dapat merusak organ tubuh seperti hati yang berfungsi sebagai penghilang racun di dalam tubuh.

Sehingga jika organ hati sudah rusak maka racun dalam tubuh akan bercampur dengan darah karena racun tidak dapat dikeluarkan.

Kondisi yang seperti ini akan membuat kulit menjadi tidak sehat, kasar, kusam serta muncul jerawat. Tidak hanya itu, yang diakibatkan oleh alkohol.

Jenis minuman beralkohol yang dikonsumsi berlebihan juga akan memperbesar pori-pori kulit dan bahkan dapat menyebabkan resiko kanker kulit.

Maka dari itu, mulai dari sekarang berhentilah atau batasilah minum minuman beralkohol secara berlebihan. Misalkan meminum alkohol lebih dari 1-2 gelas  perhari dapat merusak hati.

Tips-Ampuh-Tampil-Cantik

3. Bersihkan wajah secara rutin dan benar

Mencuci muka secara rutin dan benar merupakan salah satu cara untuk dapat cantik secara alami. Wajah yang bersih akan terhindar dari kulit yang kusam serta permasalahan kulit lainnya.

Tujuan mencuci muka adalah membersihkan kotoran yang menempel diwajah seperti sisa make up, debu, minyak dsb.

Perlu diperhatikan, jika Kamu menggunakan make up yang tebal, maka perlu usaha yang lebih untuk membersihkan wajah. Jangan sampai masih ada sisa make up yang masih menempel akibat kurang bersih dalam membersihkan.

Lalu setelah itu cuci wajah dengan cara membilas dengan air suam-suam kuku. Kemudian tuangkan sabun pembersih khusus wajah dengan kandungan yang ringan secara cukup.

Ratakan keseluruh wajah sambil dipijat secara halus dengan gerakan memutar dari atas lalu ke bawah. Sehingga semua kotoran yang menempel diwajah dapat terangkat secara sempurna.

Penting untuk diingat, hindari menggosok wajah secara kasar dan keras ketika mencuci muka. Hal ini dapat menyebabkan kulit iritasi, memerah serta memperburuk kondisi jerawat.

Kemudian basuh dan bilas dengan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk yang berbahan lembut serta bersih.

Secara umum, dianjurkan untuk memcuci wajah secara rutin pada pagi serta malam hari sebelum tidur.

Tips-Ampuh-Tampil-Cantik

4. Mengangkat kulit mati

Exfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersih, bercahaya serta sehat.

Hal ini dikarenakan sel kulit mati berwarna yang serupa dengan kulit warna kulit kusam. Maka dari itu penting setidaknya seminggu sekali untuk mengeksfoliasi kulit Anda.

Cara melakukan exfoliasi dapat dilakukan dirumah saja dengan produk pilihan yang sesuai jenis kulit atau dapat pergi ke dokter kulit pilihan Anda.

5. Selalu oleskan pelembab kulit

Gunakanlah pelembab sesuai jenis kulit Anda, baik kering, normal ataupun berminyak. Misalkan bagi Anda yang memiliki kulit normal dapat memilih pelembab yang mengandung AHA/alpha hydroxy acids.

Kandungan tersebut dapat merangsang kulit untuk dapat memproduksi minyak alami kulit yang lebih banyak lagi.

Lalu, jika Anda memiliki jenis kulit kering, maka sebaiknya hindari memilih pelembab yang mengandung bahan dasar alkohol.

Dan apabila kulit Anda berminyak maka dapat menggunakan pelembab yang mengandung bahan dasar air yang lembut serta ringan, dan berlabel noncomedeogenic yang tidak menyumbat pori-pori.

6. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen atau tabir surya

Tips mempercantik kulit secara alami selanjutnya adalah menggunakan sunscreen. Ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Apabila Kamu sering beraktifitas diluar ruangan pada siang hari maka gunakanlah sunscreen yang mengandung minimal SPF30, tentunya yang cocok dengan jenis kulit.

Gunakan sunscreen setidaknya 20 menit sebelum memulai aktifitas pagi atau siang hari. Jika karena aktifitas misalkan berenang atau berkeringat, maka dapat dioleskan kembali sesering mungkin atau setidaknya setiap 2 jam.

Sebagai perlindungan extra, Kamu dapat mengenakan topi, payung atau baju berlengan panjang. Sehingga Kamu dapat nyaman beraktifitas diluar ruangan dengan bebas.

8. Istirahat yang cukup

Tidur menjadi tips sehat secara alami selanjutnya, karena istirahat yang cukup sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian, kurang waktu tidur bagi perempuan dapat membuatnya menjadi rentan akan mengalami tanda-tanda penuaan dini, wajah yang terlihat bengkak, memiliki mata panda, serta penurunan kelopak mata.

Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan terbiasa bergadang, namun pastikan untuk dapat tidur setidaknya 7-8 jam setiap harinya.

9. Olah raga teratur

Melakukan olah raga adalah tips sehat yang ke sembilan dalam artikel ini. Olah raga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jika ini dilakukan secara teratur, maka akan dapat meningkatkan tingkat energi tubuh. Menurut penelitian olah raga ketahanan dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dini seperti rambut beruban, kebotakan dan kulit yang menipis serta keriput.

Sebagai contoh dari latihan ketahanan adalah seperti berlari, jalan cepat, bersepeda dan aerobic. Selain itu olah raga tersebut juga dapat menyehatkan jantung serta pernapasan.

Dan tahukah Anda bahwa olah raga juga dapat membuat lebih awet muda. Dalam hal ini tidak perlu melakukan hal atau olah raga yang berat cukup  seperti yang telah disebutkan diatas.

Namun dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu selama 30 menit pada setiap sesinya. Cukup mudah bukan caranya.

10. Pilihlah makanan yang sehat

Makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, lemak sehat serta protein adalah merupakan makanan sehat yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Menurut sebuah studi, mengatakan bahwa diet yang rendah lemak tidak sehat, yang kaya minyak ikan serta rendah karbohidrat olahan merupakan sebuah cara untuk dapat awet muda serta cantik.

Untuk menambah kecantikan kulit dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan atau vitamin C dan vitamin E.

11. Hindari keramas setiap hari

Sebagian orang mungkin akan keramas setiap hari karena merasa setiap hari sudah beraktifitas diluar ruangan yang menyebabkan rambut menjadi kotor.

Perlu digaris bawahi bahwa keramas setiap hari atau bahkan terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang ada dikulit kepala.

Dimana minyak tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban, nutrisi serta kilau alami pada rambut.

Oleh karena itu, sebaiknya cukuplah keramas setiap dua hari sekali saja. Kemudian hindari menggunakan hair dryer serta catokan rambut setap hari.

12. Say “No” untuk merokok

Meskipun sudah rutin dan rajin melakukan berbagai macam perawatan untuk mempercantik kulit secara alami, ini akan terasa sia-sia jika Kamu masih saja terus merokok.

Hal ini disebabkan karena merokok dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit, serta memperburuk kondisi kulit yang sedang bermasalah.

Merokok secara terus menerus dapat mengakibatkan kulit tampak lebih tua dari seharusnya. Pasalnya ini dapat membentuk kerutan atau keriput yang diakibatkan oleh gerakan saat menghisap rokok.

Selain itu, merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah kecil yang mengakibatkan aliran darah berkurang.

Kemudian merokok juga akan mengakibatkan hilangnya nutrisi serta oksigen dalam tubuh yang diperlukan untuk kesehatan kulit.

Dimana kolagen serta elastin yang berfungsi menjaga kelastisitasan serta kekuatan kulit juga mengalami kerusakan akibat merokok.

13. Kendalikan emosi serta stress

Stress yang tidak dapat dikendalikan akan menyebabkan meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh. Dimana muculnya hormon kortisol yang diakibatkan oleh stress akan mengurangi kolagen yang terdapat pada kulit.

Sebagai akibatnya kulit akan jadi lebih sensitive yang kemudian akan menimbulkan jerawat, kulit menjadi kering, timbulnya keriput dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Maka dari itu, kendalikan stress sebisa mungkin, misal dengan melakukan hobby yang digemari. Sehingga kemudian dapat mengalihkan stress dengan pikiran yang lebih sehat, tenang dan damai.

Demikian 13 tips cantik alami luar dalam yang kami bagikan, semoga bermanfaat.

 

Baca juga: